Rabu, 25 Januari 2012

Tidur

Tulisan kali ini sedikit akan saya bahas tentang tidur. Karena pertemuan kajian pekan lalu dibahas tentang tidur dalam islam, namun karena saya berhalangan hadir jadi saya coba menuliskan nya dari note salah seorang teman, biar bisa lebih memahami juga. Kan pesan Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a. “Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya” .

Kalo kita searching di Google definisi tidur dalam bahasa Indonesia yaitu keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata). Atau mengistirahatkan badan dan kesadarannya. Atau berbaring-baring untuk melepaskan lelah, dsb. Yups, itu sedikit tentang definisi tidur. Sedikit tambahan, saya pernah membaca artikel bahwa saat kita tidur organ yang tetap bekerja paling sempurna adalah telinga.

Terdapat karunia di dalam tidur, yaitu :

1. Tidur bisa mereduksi sebagian memori di otak

Ketika kita tidur, otak masih tetap bekerja untuk memilah dari memori kita yang tidak penting untuk di buang, sehingga ketika sebelum kita tidur memikirkan banyak masalah maka setelah bangun akan merasakan sedikit rileks.

2. Tidur adalah kedisiplinan pada hukum alam

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. QS. Al-Furqan {25} : 47

dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat. dan Kami jadikan malam sebagai pakaian. dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan. QS. An Naba {78} : 9-11

Allah sudah menetapkan bahwa waktu malam adalah waktu untuk istirahat seperti yang terdapat pada (QS. Al-Furqan : 47 dan QS. An Naba : 9-11).

Mu'adz bin Jabbal (sahabat Rasulullah SAW) seorang penghafal Al-Quran pernah berkata : "Berpuasalah dan berbukalah, bangun dan sholatlah, tetapi juga tidurlah, bekerjalah mencari rizky tetapi jangan berbuat dosa, jangan mati kecuali sebagai seorang muslim dan jauhu darimu doa yang teraniaya."

Rasulullah pernah mengingatkan tentang begadang : " Tidak ada begadang kecuali untuk sholat atau dalam perjalanan"

Dalam sebuah penelitian bahwa terdapat berbagai kegiatan yang terjadi di dalam tubuh kita :

- jantung bekerja dalam 100.000 per hari

- darah mengalir 17 juta mil per hari

- manusia berbicara kurang lebih 40.000 kata per hari

- bernafas 25.000 kali per hari

- menggerakkan otot 750 kali per hari

- mengoperasikan 14 milyar sel otak per hari

Jadi, kenapa harus tidur? Karena untuk mengistirahatkan tubuh kita.

Ketika kita tidur, tanpa kita sadari Maha Besar Allah telah menyapa kita.

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditetapkan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. QS. Az-Zumar {39} : 42


Semoga bermanfaat :)

-Int-


1. T

0 comments:

Poskan Komentar