Minggu, 11 Desember 2011

BTS

Tulisan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai BTS dan perbedaan tower BTS antar operator di Indonesia. Berikut beberapa paparan mengenai BTS dari beberapa sumber :

BTS adalah kependekan dari Base Transceiver Station. Dimana BTS berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Komunikasi seluler adalah komunikasi modern yang mendukung mobilitas yang tinggi. Dari beberapa BTS kemudian dikontrol oleh satu Base Station Controler (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun kabel optik.

BTS adalah bagian dari peralatan yang memfasilitasi komunikasi wireless antara user equipment dan jaringan seperti GSM, CDMA, WLL, WAN, WiFi, WiMAX dll . BTS juga disebut sebagai radio base station (RBS), node B (di Jaringan 3G) atau cukup base station (BS).

Singkatnya BTS berupa tower dimana terdapat antena yang mengirim dan menerima signal untuk komunikasi seperti selular (GSM, CDMA), Wi-Fi, Wireless, dll. Dimana kumpulan BTS di kontrol oleh BSC. (hanya pemahaman pribadi).

Seiring pesatnya perkembangan teknologi telekomunikasi dan tuntutan konsumen dibidang ini membuat Indonesia semakin dipenuhi dengan tower-tower BTS. Pembangunan tower dimana-mana, persaingan antar operator terus mengetat. Alhasil ribuan tower terbangun bahkan hingga ke pelosok desa sekalipun.

Itu sedikit tentang BTS, yang ini saya bahas selanjutya mengenai perbedaan BTS antar operator di Indonesia. Banyak operator yang mendukung jaringan telekomunikasi kita, namun operator terbesar versi saya yaitu Telkomsel, Indosat dan XL (hanya pendapat pribadi loh). Jadi yang akan coba saya bahas yah hanya tiga operator tersebut dan wawasan yang saya dapat juga hanya tentang tower BTS 3 operator tersebut.


T-Sel

I-Sat

XL

BRC

Full Pagar

Setengah Beton
Setengah Pagar

Pagar

Cat Tower

Merah Putih
Merah Putih

Merah Putih
(Merah Putih rapat2)
Merah Putih

Tidak di cat

Tower

Hampir seperti
menara eifel

Hampir seperti
menara eifel

Ada yang tri-
angle tower

Yah, itu sedikit tentang perbedaan tower BTS dari 3 Operator di Indonesia, semoga bermanfaat. Bisa jadi sedikit perhatian buat kita, dan tidak hanya sekedar mengeluh kalau jaringan atau signal HP tidak bagus. Lihat-lihat dulu ada BTS Operator yang kita pakai atau tidak di sekitar kita. Jarak pancar BTS sekita 5 Km. Yah setidaknya sedikit tau dan bisa membedakan, bisa jadi acuan juga mau pakai operator mana, tergantung BTS yang ada disekita pemakaian kita :)

-Int-

4 comments:

FITRI SUSANTI mengatakan...

hahahahahahahahahaha sangat membantu

Intan Wahyuni mengatakan...

terima kasih fitsus :)

Annisa Sekar Kasih mengatakan...

kangen pelajaran telekomunikasi T.T

Intan Wahyuni mengatakan...

belajar telekomunikasi kan ga harus ada di dunia telekomunikasi o.O

Poskan Komentar