Langsung ke konten utama

Ibu

Iya, dia “ibu” yang merawat ku sejak aku dalam kandungannya, sampai sekarang. Ahh, tak hanya sampai sekarang bahkan. Sampai nanti, sampai akhir hidupnya, tanpa keluh meski ini berat dan tak mudah.
Iya, dia “ibu” yang walau pendidikannya tak selesai di jenjang sekolah dasar. Tapi, banyak pelajaran yang bisa ku ambil dari nya. Hingga kini, hingga aku sebesar ini, aku masih harus banyak belajar dari nya. Belajar tentang HIDUP! Tentang menjadi wanita kuat dan tegar. Belajar bagaimana seharusnya wanita yang baik bersikap, belajar SABAR, belajar menatap bahwa cinta Allah itu indah.
Iya, dia “ibu” yang senantiasa di samping ku, menemani ku. Saat aku terjatuh, saat aku sakit, saat aku menangis, saat aku tertawa bahagia, saat cita ku tergapai. Ahh, dia selalu setia kepada ku dan anak-anaknya. Saat aku harus pulang malam, dia melawan kantuknya menunggu ku. Memasak untuk aku makan, karena ia tau pasti aku belum makan. Saat dia harus bangun lebih pagi demi menyiapkan sarapan ku. Bekerja seharian mengurus rumah dan adik ku.
Iya, dia “ibu” yang sudah sepuluh tahun kiranya ia sendiri (tanpa ayah), menjadi super woman, menjadi guardian angel, untuk aku, untuk adik-adik ku. Bukan hanya sekedar urus rumah, tapi merawat kami, mencari nafkah untuk kami. Allahu Rabb, betapa kuatnya dia, betapa tegarnya dia.
Dulu, ibu pernah bekerja membersihkan toilet waktu aku dan adik ku masih kecil. Sampai kurus, menahan lelah. Bahkan ketika mentari belum terbit, ia sudah harus pergi kerja. Belum lagi saat itu, ada saja perkataan-perkataan tak enak terlontar dari mulut mereka yang menyakiti ibu ku. Tapi aku tak pernah sedikit pun melihatnya mengeluh dan menangis. Ahh, ibu ku ibu yang kuat. Meski baru ku tau, ada tangis di malamnya, saat kami (anaknya) sudah tertidur. Saat itu aku hanya anak kecil yang belum begitu mengerti hidup.
Ibu juga pernah berjualan nasi. Jam 3 pagi sudah harus bangun memasak dan pergi ke pasar. Meski warungnya tutup sore, tapi ibu masih harus bekerja hingga malam menyiapkan masakan untuk besok. Dan lagi, mereka yang tak suka dengan ibu masih saja mengeluarkan statement tak mengenakan. Memfitnah yang mungkin kali ini sudah sangat keterlaluan. Ibu ku ibu yang setia, dia bukan wanita nakal, tapi kenapa ada yang beranggapan seperti itu. Ahh, mungkin mereka hanya merasa iri, melihat ibu yang seorang diri tapi bisa berhasil menyekolahkan ku di sekolah yang bagus , padahal biaya sekolah itu tak murah. Astaghfirullah, Allahu Rabb, lagi-lagi ibu ku pun tak menunjukkan betapa sakitnya dia saat itu di depan kami (anaknya).
Iya, dia “ibu” yang selalu ingin mengajarkan ku untuk menjadi wanita kuat yang tak mudah mengeluh. Dia percaya Allah punya janji indah untuk setiap hambaNya yang bersabar. Dan janji Allah itu pasti nak! Masalah di dunia tak kan sedikit pun terasa jika kau yakin dan percaya pada pertolongan Allah. Ada kehidupan yang lebih indah untuk di kejar dan kehidupan itu abadi. Kau tau, SUKSES itu ketika kau bisa selamat di kehidupan itu, yaitu kehidupan akhirat.
Iya, dia “ibu” yang sampai sekarang masih memberi ku semangat. Menghangatkan di lelahnya hari ku. Yang ingin melihat aku bahagia dan sukses.
Aku belajar dari nya, betapa mulia nya wanita ketika dia berhasil mendidik anaknya. Bukan sekedar sukses di dunia, tapi menjadi anak yang shaleh (ah) hingga Allah memberikan ridhoNya agar akhiratnya berujung di Syurga. Belajar darinya ketika dia mementingkan yang lain ketimbang kepentingan dirinya sendiri. Karena pernah tak tertahan air mata ku waktu dia harus tak makan, karena makanan yang terbatas, dan dia mementingkan agar anaknya saja yang bisa merasakan makanan itu. Ya Allah, apa ini? Iya, ini hikmah, agar aku kelak mampu bersikap seperti ibu. Aku banyak belajar dari nya.

Aku tak ingin menjadi anak yang durhaka. Menyakitinya. Aku menyayanginya karena Engkau ya Allah. Ridhoi doa ku untuknya, untuk kebahagiaannya di kehidupan berikutnya. Sayangi dia, dan izin kan aku menjadi anak yang bisa mengantarkan ibu dan juga ayah ku sampai ke jannah mu.
Allahumma aamiin...
Intan sayang mama karena Allah ^_^

-Int-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Email Bahasa Inggris

Yah, itu email dalam bahasa inggris pertama yang saya dapat setelah satu tahun sudah bekerja di salah satu perusaah telekomunikasi di Indonesia. Berawal dari re-organisasi perusahaan tempat dimana saya bekerja, sekitar Maret 2011. Awalnya jobdesk saya di perusahaan ini sebagai technical support untuk support alokasi aktivasi dan improvement link. Dan itu hanya berlaku selama 5 bulan sejak pertama saya bekerja disini (saya masuk perusahaan ini November 2010). Waktu 5 bulan bukanlah waktu yang lama buat saya. Saya merasa 5 bulan tersebut sebagai masa adaptasi yang begitu cepat di perusahaan ini. Dengan organisasi yang baru saya tetap pada team yang sama seperti sebelumnya, bedanya adalah koordinator yang tadinya 2 orang sekarang menjadi satu orang, masih dengan rekan team yang sama, dan kali ini berganti Manager, Div Head serta Grup Head saja. Alhamdulillah, saya mendapat team yang begitu keren, hebat, dan Manager yang begitu care kepada kami (OS nya). Kembali ke pembicaraan meng

3G "Karena Kalian Istimewa"

3G kali ini bukan kepanjangan dari Gara-Gara Galau, hhehee, tapi 3G kali ini adalah "Geng Gaul Generation". hmmm, emang sih, sepintas terlihat norak, atau berlebihan. But we don't care :p. Because this is us!  Yups, geng yang terbentuk dari sekumpulan karyawan-ka ryawati muda di kantor ini. Yang mana kita semua yang ada di geng ini ngaku punya jiwa muda. Uhuuukk, kemudian merasa tertohok. Emang sih ga semua nya muda, ehh tapi kita juga ga tua2 ba n get kok. Wait wait, sebelum masuk ke perkanalan personil, izinkan aku untuk ngenalin lebih dalam apa itu 3G, apa itu tujuan kami, dan a lasan 3G terbentuk. Bersiaaappp!!! 3G, menas Geng Gaul Generation . Personil nya saat ini ada 8 orang , dengan kelahiran tahun 1 994 sampai dengan seterus nya. Hhehee . Kami terdiri dari 5 orang wanita, dan 3 orang lelaki. Ga bisa di pungkiri, kalo kita terbentuk secara aneh, dan emang rata2 kita semua punya keanehan masing-masing. (keanehan nya dibahas di paragra f bawah yee :p).

Wejangan Pak Ridwan Kamil

Wejangan Pak Ridwan Kamil --------------------- Cari suami itu jangan muluk-muluk, biar seru menikmati pernikahan.. ngerasain ngontrak.. ngerasain roller coaster kehidupan sambil nangis, ketawa, nangis lagi, ketawa lagi.. sambil saling berpelukan menguatkan.. *indah tauuukkk itu! ... Kalo ujug-ujug.. kalian mo cari suami yg muda, ganteng, sholeh, mapan, pinter.. Kalian butuh beberapa strategi dan kemungkinan.. Setidaknya ada 2 Fakta yg perlu kalian tau.. Pertama, Kalian butuh energi dan mental yg cukup kuat untuk memasuki persaingan maha ketat.. karena pria SINGLE jenis ini, pastilah amat sangat langka, dan peminatnya bisa saja berjumlah ribuan. Saingan kalian adalah wanita yg bisa jadi jauh lebih cantik, lebih muda, dan lebih oke Kedua, besar kemungkinan, pria jenis ini banyak.. tapi sudah jadi SUAMI ORANG.. Karena Pria-pria jenis ini, dibelakangnya sudah ada istri-istri hebat yg merawat dan membuat suaminya tampil mempesona. Kalo kalian ga punya nyali untuk jadi pe