Langsung ke konten utama

Cantik [Wanita | Muslimah]

Karena aku juga seorang wanita [muslimah]. Karena aku bagian dari kamu, dari mereka, dan dari kalian. Dan aku juga merasakan apa yang kamu, mereka dan kalian rasakan. Entahlah aku termasuk yang mengerti atau tidak, aku termasuk yang mengenal secara dalam atau tidak, bagaimana wanita seharusnya bersikap, bagaimana menjadi wanita se-umumnya. Selangkah demi selangkah, aku teruskan perjalanan dalam hidup ini. Sambil menilik lingkungan dan terus perlahan belajar. Tapi yang jelas, muslimah itu punya aturan sendiri. Ada perintah dan larangan Allah yang harus di amalkan dan di jauhi. Tentu kita tau apa yang Allah larang dan perintahkan, pasti semua nya ada hikmah, dimana hikmahnya selalu kebaikan untuk hambaNya. Dan satu, tujuan kita [muslimah] adalah terus mencari ridho Allah SWT.

Budaya barat saat ini pengaruhnya mulai terasa, begitu besar, semakin mencuci pemikiran kita. Ya kita, kita kaum muslim, khususnya juga untuk kita wanita [muslimah]. Sedikit ingin saya menuliskan tentang wanita [muslimah]. Turut sedih, melihat mayoritas wanita jaman sekarang. Meski tak bisa pungkiri, apakah saya bersama mereka atau??? Dari sebuah buku yang baru saya baca, bahwa wanita itu dasarnya ingin di perhatikan. Itu point nya, wanita ingin di perhatikan dan lelaki suka memperhatikan. That's why, wanita begitu relanya melakukan apapun demi KECANTIKAN FISIK. Ooppss, maaf kalau saya capslock pada kata tersebut.

Cantik? Cantik itu relatif. Semua juga ga nolak tentang teori cantik itu relatif. Kenapa, kok bisa? Coba tengok jaman dulu, kalo kata orang2 cantik itu rambut keriting, gaya pakaian yang seperti, ya gitu deh, pokoknya coba aja liat gaya wanita jaman 70-80an. Atau singkatnya liat foto mama waktu muda. Naah kalo sekarang? Katanya sih, cantik itu rambut lurus (sampe yang keriting bela2in rebonding), rambut panjang (sampe yg rambut pendek bela2in extend), muka putih (sampe yg hitam bela2in keluar uang ratusan ribu atau bahkan jutaan untuk cream pemutih), badan ramping atau kurus (sampe yg gendut bela2in ga makan seharian), tinggi (sampe yg pendek bela2in pake heels yg tingginya 10cm), gaya pakaian ala korea gitu deh. Astaghfirullah, semoga saya salah persepsi dalam hal tersebut. Atau kalo ternyata nyata hal itu, banyak wanita memburu definisi *CANTIK* seperti yang disebut di atas, maka pinta ku ya Allah, bukakan pintu hati kami yang masih terbelokan dengan rayu syeitan. 

Jangan terlalu terpaku dengan definisi *CANTIK*, karena cantik itu relatif. Saudari ku, dari takwa mu, dari perjuangan mu, dari iman mu, kau justru lebih cantik. Bahkan bidadari pun bisa mencemburui mu. Karena cantik fisik, akan mati di makan waktu. Ok, ini bukan berarti ga boleh cantik. Terus gimana juga yang udah terlahir cantik. Tubuh ini, satu dari ribuan milik Allah yang dipinjamkan dari kita. Wajib di jaga dan di rawat. Menjaga kebersihan, menjaga kecantikan, dll itu juga wajib. Allah berikan pinjaman ini dalam kondisi baik, maka ketika kita pulang kembalikan lah dalam kondisi baik juga. Jadi, bukan berarti ga boleh menjaga diri, merawat tubuh, dll. Tapiiii, semua ada porsinya dan luruskan lagi niat dan tujuan. Jangan berlebihan dan semua niat hanya karena ALlah. #insyaAllah 

Karena masih banyak yang perlu kita perhatikan, perlu kita lakukan, perlu kita pelajari. Wanita itu akan jadi madrasah pertama untuk anaknya. Apa yang bisa kita ajarkan ke anak kita nanti, klo saat ini yang kita fokuskan mengejar definisi *CANTIK* itu? Bagaimana di akhirat kita mempertanggungjawabkan semua nya? Belajar lah, jadilah wanita muslimah yang tak hanya leleh dirayu gombalan. Biarkan ibu dan ayah kita bangga, biarkan mereka bersyukur memiliki kita sebagai anak mereka. Berjalan lah di jalan yang Allah ridhoi, dengan melakukan perintahNya dan menjauhi laranganNya, agar kelak kita jadi anak yang bisa mengantarkan orang tua kita ke syurga. Agar kita jadi istri yang begitu disayangi suami, karena Allah. Agar dari rahim kita, lahir generasi rabbani. Generasi penerus yang berakhlak mulia. Agar kita tak hanya di kenang di dunia, tapi pintu Ar Rayan menantikan kita.

Wahai saudari ku, ingatkah kita perjuangan Rasulullah untuk memuliakan wanita. Dan perjuangan tersebut sudah menang, memang islam begitu memuliakan wanita. Ga percaya? Terserah sih, tapi yang jelas memang hanya islam yang memuliakan wanita. Bukti pertama, kenapa ada perintah berjilbab? Agar kita lebih dikenali (sebagai muslimah), dan tidak di ganggu. Tujuan Allah memerintahkan kita berjilbab, adalah untuk kebaikan kita. Allah ga pernah cari keuntungan dari kita, tapi justru sebaliknya. Toh, kita ga berjilbab ga akan secuilpun merugikan Nya. Dan yang rugi adalah kita, iya kita. Karena pintu-pintu syeitan lebih luang terbuka. Orang-orang akan segitu mudahnya menggoda. Alasan kenapa harus berjilbab? Wanita itu cantik, yaiyalah yang gantengkan lelaki. Apa kita rela berbagi kecantikan untuk siapapun? gratis lohh, buat mereka yang ga halal untuk kita. Beda kalo artis cantiknya dibayar, lhaah kita? Ehh, kamu ding, bukan kita (emang aku cantik apa, ikutan ngaku2 kita). Mending, cantiknya di simpan, untuk yang halal aja buat kita. kalo kata iklan mungkin gini "cantik sih, tapi rela bagi2???". Dari jilbab, islam ga ngajarin kita untuk kuper, ga ngajarin kita untuk kumel, ga ngajarin kita untuk apek. Hhehee, maksudnya meski berjilbab ga berarti kita harus terpenjara. Kan masih bisa gaya, masih bisa jaga kebersihan, masih bisa bergaul (asal ada batasan yah), masih bisa belajar kemana-mana, masih bisa menjaga keindahan, dll deh pokoknya. 

Entah kenapa yah, dari jilbab saya merasa jauuuuuh lebih nyaman kemana-mana. Ga khawatir lagi di ganggu (cowok iseng). Kejahatan terhadap wanita bisa di minimalisir. Toh, dengan jilbab mu kau terlihat lebih cantik. Dan Allah, menjanjikan tempat terindah di syurga untuk wanita yang taat.

Jadi, masih mau ngejar definisi *CANTIK*? Yaiyalah tentu, itu harus! Tapi, diiringi definisi *CANTIK* hati dan akhlak yah. Karena wanita itu bisa jadi pengaruh bagi perubahan bangsa. Jika wanita suatu bangsa baik, maka baiklah bangsa tersebut. Dan sebaliknya.
Dari sekarang, yukkk terus tingkatkan ilmu, tingkatkan amal. Terus belajar, dan fahami islam. Biar kita jadi wanita *CANTIK* yang tak hanya leleh dirayu gombalan, yang tak fokus hanya dengan tujuan dunia. Tapi fokus ke Allah, karena jika akhirat jadi tujuan maka dunia mengikuti mu. Biar kita juga bisa jadi wanita yang dicemburui bidadari. Lakukan apa yang ingin kita lakukan, lakukan yang hanya harap akan ridho Allah jadi tujuan dan niat kita. Islam telah memuliakan wanita, moso kita sebagai wanita tidak menghargai hal tersebut. Dan jangan sia-siakan perjuangan Rasul kita tercinta.

Semoga aku, kamu, kalian, mereka, dia, dan kita wanita [muslimah] adalah hamba yang dicintai dan diridhoi Allah. aamiin

-Int-


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3G "Karena Kalian Istimewa"

3G kali ini bukan kepanjangan dari Gara-Gara Galau, hhehee, tapi 3G kali ini adalah "Geng Gaul Generation". hmmm, emang sih, sepintas terlihat norak, atau berlebihan. But we don't care :p. Because this is us!  Yups, geng yang terbentuk dari sekumpulan karyawan-ka ryawati muda di kantor ini. Yang mana kita semua yang ada di geng ini ngaku punya jiwa muda. Uhuuukk, kemudian merasa tertohok. Emang sih ga semua nya muda, ehh tapi kita juga ga tua2 ba n get kok. Wait wait, sebelum masuk ke perkanalan personil, izinkan aku untuk ngenalin lebih dalam apa itu 3G, apa itu tujuan kami, dan a lasan 3G terbentuk. Bersiaaappp!!! 3G, menas Geng Gaul Generation . Personil nya saat ini ada 8 orang , dengan kelahiran tahun 1 994 sampai dengan seterus nya. Hhehee . Kami terdiri dari 5 orang wanita, dan 3 orang lelaki. Ga bisa di pungkiri, kalo kita terbentuk secara aneh, dan emang rata2 kita semua punya keanehan masing-masing. (keanehan nya dibahas di paragra f bawah yee :p).

Email Bahasa Inggris

Yah, itu email dalam bahasa inggris pertama yang saya dapat setelah satu tahun sudah bekerja di salah satu perusaah telekomunikasi di Indonesia. Berawal dari re-organisasi perusahaan tempat dimana saya bekerja, sekitar Maret 2011. Awalnya jobdesk saya di perusahaan ini sebagai technical support untuk support alokasi aktivasi dan improvement link. Dan itu hanya berlaku selama 5 bulan sejak pertama saya bekerja disini (saya masuk perusahaan ini November 2010). Waktu 5 bulan bukanlah waktu yang lama buat saya. Saya merasa 5 bulan tersebut sebagai masa adaptasi yang begitu cepat di perusahaan ini. Dengan organisasi yang baru saya tetap pada team yang sama seperti sebelumnya, bedanya adalah koordinator yang tadinya 2 orang sekarang menjadi satu orang, masih dengan rekan team yang sama, dan kali ini berganti Manager, Div Head serta Grup Head saja. Alhamdulillah, saya mendapat team yang begitu keren, hebat, dan Manager yang begitu care kepada kami (OS nya). Kembali ke pembicaraan meng

Hujan Tak Pernah Salah

Jangan salahkan hujan, karena hujan tak pernah salah.  Hujan hanya menjadi sebaik-baik ciptaanNya, tunduk dalam taqwa atas perintahNya. Tak seperti kita manusia, yang diciptakan dalam sebaik-baik ciptaan dengan keistimewaan akal, namun apa?  Lebih banyak mengabaikan dan melalaikan perintahNya.  Menghujat atas apa yang terjadi bahwa ini bentuk ketidak-adilan.  Padahal?  Siapa yang sebenarnya salah? Apa banjir karena hujan? Bukan!  Tapi kita yang merusak lingkungan. Hujan selamanya menjadi hujan, turun atas perintahNya, membawa keberkahanNya untuk makhluk ciptaanNya yang lain.  _Inspirasi di perjalanan Mabit ke Masjid BI bersama Irna_ -int-